Profil & kompetensi Lulusan

Apa yang membuat kami berbeda?

Profil lulusan

1.

Dokter yang memiliki pribadi berkarakter, beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME, berakhlak mulia, beretika, berbudi pekerti, dan menjunjung tinggi moralitas, sebagai pembelajar sepanjang hayat, bertanggungjawab sosial, cinta tanah air, dan berkomitmen untuk menyehatkan kehidupan masyarakat.

2.

Dokter yang memiliki kemampuan literasi di bidang sains, finansial, sosial dan budaya, serta IT dan digital dalam menghadapi permasalahan kesehatan yang kompleks.

3.

Dokter yang mampu mengelola kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat primer berdasarkan etika kedokteran dengan berperan sebagai profesional, komunikator, kolaborator, leader, manajer, edukator, advokator, dan peneliti, untuk mewujudkan pelayanan kesehatan paripurna berpusat pada individu, dalam konteks keluarga dan komunitas.

20170809101824

Kompetensi lulusan

Profesionalitas yang Luhur

Kemampuan melaksanakan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, kemanusiaan, etika, disiplin, hukum dan konstitusi, serta sosial budaya.

Mawas Diri dan Pengembangan Diri

Mampu melakukan praktik kedokteran dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, mengembangkan diri, mengikuti penyegaran dan peningkatan pengetahuan secara berkesinambungan serta mengembangkan pengetahuan demi keselamatan pasien.

Komunikasi Efektif

Kemampuan menggali, menerima, dan bertukar informasi secara verbal dan nonverbal dan menunjukkan empati dengan pasien semua usia, anggota keluarga, masyarakat, dan kolega dalam tatanan keragaman budaya lokal dan global.

Literasi dan Pengelolaan Teknologi dan Informasi

Mampu menemukan, mengevaluasi, menggunakan, mendiseminasikan, dan menghasilkan informasi dan pengetahuan secara efektif kepada profesi kesehatan lain, pasien, masyarakat, dan pihak terkait untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan, menggunakan teknologi informasi dari internet baik secara kognitif maupun keterampilan.

Literasi Sains dan Penggunaan Landasan Ilmiah

Mampu menyelesaikan masalah kesehatan berdasarkan landasan ilmiah ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapatkan hasil yang optimum, serta turut serta dalam pengembangan ilmu kedokteran untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan pasien.

Keterampilan Klinis

Kemampuan melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain.

Pengelolaan Masalah Kesehatan

Kemampuan mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, maupun masyarakat secara komprehensif, holistik, terpadu, dan berkesinambungan dalam konteks pelayanan kesehatan primer.

Literasi Keuangan dan Asuransi Kesehatan

Kepekaan serta kemampuan untuk memanfaatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku dalam mengelola sumber dayasecara efektif untuk pengembangan kesehatan individu, kelauarga, dan masyarakat.

Kolaborasi dan Kerjasama Interprofesi

Kemampuan berkolaborasi dan bekerja sama dengan sejawat seprofesi, interprofesi kesehatan, dan profesi lain dalam pengelolaan masalah kesehatan dengan menerapkan nilai, etika, peran, dan tanggung jawab, dan pengelolaan masalah secara efektif

Keselamatan Pasien dan Mutu Pelayanan

Mampu mengaplikasikan prinsip keselamatan pasien dan prinsip upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada individu, keluarga, dan komunitas.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Kompetensi Utama

  • Memiliki pengetahuan dasar ilmiah, keterampilan klinik dasar, dan profesionalisme yang baik dalam konteks permasalahan kesehatan,
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Menjunjung tinggi nilai moral, etika kedokteran dan humanisme, serta mampu untuk mengembangkan diri melalui proses pembelajaran sepanjang hayat.

Kompetensi Pendukung

  • Memiliki dasar ilmiah dalam pengelolaan masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat yang sering ditemui secara menyeluruh, holistik dan berkelanjutan dalam tatanan pelayanan kesehatan primer.
  • Menerapkan prinsip-prinsip dasar ilmu biomedis, klinis, serta epidemiologi dalam pembahasan masalah kesehatan.
  • Membekali keterampilan pemeriksaan klinis dasar yang akan dilakukan di berbagai sarana pelayanan kesehatan primer.
  • Menerapkan nilai moral, etika kedokteran dan humanisme dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  • Mengetahui dan mempraktikkan aspek komunikasi yang efektif dengan penderita, keluarga, masyarakat dan tenaga profesi kesehatan lainnya.
  • Meningkatkan kemampuan lulusan dalam mengakses, menelaah secara kritis, dan mengelola informasi kedokteran dan kesehatan dalam rangka memelihara kemampuan belajar sepanjang hayat.
  • Melakukan penelitian kedokteran/kesehatan.